. . .

Peserta KKN Unsil Periode II Tahun Akademik 2018/2019 Resmi Dilepas

Gemercik News-Tasikmalaya (19/6). Hari ini telah diadakan pelepasan KKN periode 2 yang diikuti oleh 1.028 orang yang terdiri dari peserta FKIP sebanyak 267 orang, FE 385 orang, Faperta 224 orang, Fakultas Teknik 31 orang, FAI 1 orang, FIK 116 orang, dan Fisip 4 orang.

KKN Unsil kali ini melaksanakan 3 kegiatan yaitu yang pertama, KKN Bersama yang dilaksanakan Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Wilayah Barat dengan Kemenristekdikti, pelaksana Universitas Sumatera Utara yang akan ditempatkan di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara diwakili 2 orang peserta perwakilan BEM Unsil, waktu pelaksanaan tanggal 15 Juli-20 Agustus 2019. Kedua, KKN Kebangsaan kerjasama antara Universitas Khairun Ternate dengan Kemeneistekdikti diwakili 7 orang mahasiswa perwakilan tiap fakultas, waktu pelaksanaan tanggal 19 Juli-21 Agustus 2019 dilaksanakan di kota Ternate dan Kota Tidore Maluku. Ketiga, KKN Reguler yang akan diberangkatkan pada hari ini diikuti sejumlah 1.019 orang yang akan ditempatkan di 13 kecamatan dan 52 desa di wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan berada di desa sampai tanggal 19 Juli 2019. Adapun tema KKN kali ini adalah “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengenalan Konsep Kewirausahaan”.

Rektor Universitas Siliwangi menyampaikan “KKN ini adalah merupakan wahana pembelajaran mahasiswa di luar kampus, jadi belajar di masyarakat, belajar di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Nah intinya, apakah anda ini nanti dapat berkontribusi gak dalam kehidupan masyarakat, bisa ada manfaatnya gak, karena KKN ini merupakan lanjutan ataupun implementasi dari pelaksanaan visi misi perguruan tinggi yaitu melaksanakan darma pengabdian kepada masyarakat…” ujarnya dalam sambutan.

Pelepasan Peserta KKN Periode II Tahun Akademik 2019/2020 di Lapang Utama Universitas Siliwangi.

Kemudian dengan dilasakannya KKN ini diharapkan semua mahasiswa mampu mengembangkan potensi yang ada di daerah Tasikmalaya sebagaimana yang disampaikan oleh Ir. Safari Agustin, MP. selaku perwakilan Bupati bahwa saat ini Tasikmalaya sedang mengembangkan potensi daerah terutama dalam bidang pariwisata dengan membangun berbagai fasilitas baru yang akan menunjang kemajuan pariwisata di Tasikmalaya, diantaranya Jembatan Batman (Benteng Manonjaya) yang akan menghubungkan Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya. Kemudian Tasikmalaya sudah bekerja sama dengan pariwisata yang ada di Priangan Timur untuk membuat paket wisata mulai dari Bandung, Kampung Naga, Kota Tasikmalaya, Ciamis, sampai ke Banjar.

Sejauh ini para peserta antusias dalam mengikuti program KKN dibuktikan dengan persiapan yang telah dilakukan. Harapan Firman Muhammad Firdaus mahasiswa jurusan Manajemen sebagai koordinator Desa Buniasih, Kecamatan Kadipaten untuk KKN-nya “Semoga di sana kita sehat terus, kompak, apa yang kita capai, apa yang ingin kita capai dapat tercapai dengan lancar.” ujarnya.

Reporter: Neli P, Fadhil
Penulis: Sri Hrd
Penyunting: Neli P

Ikuti Kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *