. . .

Beswan Djarum Kembali Adakan Seleksi Penerima Beasiswa Bagi Mahasiswa Unsil, Setelah Putuskan Kerja Sama Akibat Akreditasi

Gemercik News-Tasikmalaya (20/06). Yayasan Beswan Djarum kembali ajak Unsil untuk bekerja sama membuka peluang bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa. Hal ini dilakukan pihak Beswan Djarum karena Unsil telah menaikan akreditasinya menjadi B. Kerja sama dalam bentuk pemberian dana dan pelatihan soft skills ini dilakukan setelah mendapatkan mahasiswa yang lolos seleksi sesuai dengan yang telah ditentukan.

Ada beberapa tahapan dalam seleksi penerima beasiswa ini diantaranya, seleksi berkas administrasi, tes seleksi tertulis, dan dilanjutkan dengan wawancara. Seleksi berkas administrasi dilakukan pada tanggal 21 Mei hingga 31 Mei 2019, kemudian tes seleksi tertulis dilakukan pada 17 Juni hingga 24 Agustus 2019.

Kegiatan tes seleksi yang dilakukan di kampus Universitas Siliwangi hanya diselenggarakan dalam satu hari oleh pihak Beswan Djarum pada hari Kamis, 20 Juni 2019 bertempat di Gedung Mandala. Seleksi ujian tulis ini diikuti oleh 77 peserta dari 80 peserta yang telah lolos seleksi administrasi yang dilakukan oleh pihak Beswan Djarum, yang sebelumnya terdaftar 150 peserta dari berbagai jurusan di Universitas Siliwangi.

Pengumuman mahasiswa yang lolos seleksi ditahap ini akan dilakukan pada tanggal 9 September 2019 dan akan menerima bantuan dana beasiswa sebesar Rp. 750.000.-/perbulan selama satu tahun, dimulai dari September 2019 hingga Agustus 2020. Beswan Djarum ini tidak memberikan kuota untuk jumlah peserta yang lolos dari setiap universtitas, tetapi dikembalikan lagi sesuai kriteria yang sesuai dengan yang telah ditentukan oleh pihak Beswan Djarum.

“Tujuan kerja sama ini sebenerya kita itu dari Djarum Foundation itu yayasan yang memberikan bantuan dana pendidikan bagi mahasiswa-mahasiswa berprestasi. Jadi tujuan kami di sini membantu mahasiswa mahasiswa berprestasi di universitas siliwangi untuk mendapatkan bantuan dana beasiswa, bukan hanya dana kami juga akan memberikan pelatihan soft skills dan juga kesempatan untuk mengikuti kompetisi-kompetisi. Kelak menjadi bekal untuk para mahasiswa dimasa yang akan datang,” ujar Fransiska Astrid Mustafa selaku perwakilan dari Djarum Foundation.

Dalam penyelenggaraan kegiatan tes seleksi bersama Beswan Djarum ini, pihak lembaga dari Unsil tidak tahu-menahu mengenai teknis pelaksanaan kegiatannya dan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak dari yayasan Beswan Djarum. Sehingga pihak lembaga hanya sebagai fasilitator saja dalam kegitan tersebut. Hal ini disampaikan oleh Amir Amilin selaku bidang akademik dan kemahasiswaan Unsil.

Walaupun begitu, Amir berharap walaupun beasiswa ini dari perusahaan rokok, banyak mahasiswa yang bisa lolos dalam seleksi penerimaan beasiswa ini dan bisa mendapat kemudahan bekerja nantinya setelah lulus kuliah.

Reporter: Anisa T.W , Neli. P
Penulis: Anisa T.W
Editor : Neli. P

Ikuti Kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *