. . .

Tentang Gemercik

Logo UKM Pers Mahasiswa Universitas Siliwangi

LPM Gemercik adalah Lembaga Pers Mahasiswa tingkat Universitas yang berdiri pada tahun 2001 di Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Secara kelembagaan, LPM Gemercik memang berdiri di bawah otoritas lembaga universitas, namun dalam pergerakan dan arah pemberitaannya, LPM Gemercik bersifat independen dan non-intervensi. Nama Gemercik diambil dari percikan api. Filosofinya yaitu, walau hanya percikan tapi akan menerangi dalam kegelapan.

Gemercik bergerak di bidang jurnalistik, yaitu suatu penerbitan yang beroperasi di perguruan tinggi dan dikelola oleh mahasiswa. Kegiatannya meliputi memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar serta dalam bentuk lainnya melalui media cetak, media elektronik dan media lain seperti pers pada umumnya. Media cetak yang dimiliki Gemercik yatitu, Koran, Majalah, Buletin dan Katalog. Sedangkan media elektonik/online terdiri dari, Website, Youtube Chanel, Instagram, dan Offical Account Line.

LPM Gemercik dipimpin oleh Pemimpin Umum yang bertugas untuk memimpin dan mengarahkan anggota LPM Gemercik sesuai arah tujuan organisasi dibantu oleh Sekretaris Umum dan Bendahara Umum. Memiliki 2 bidang, yaitu Redaksi dan Pengembangan Organisasi.

Logo Keredaksian LPM Gemercik

Redaksi LPM Gemercik dipimpin oleh Pemimpin Redaksi dengan membawahi 3 divisi, yaitu Tim Kreatif, Editor dan Reporter. Tim Kreatif cakupannya cukup luas, mulai dari fotografer, video maker, ilustrator, layouter dan web developer. Sedangkan Editor bertugas melakukan penyuntingan yang merupakan hasil peliputan Reprter. Divisi Reporter terbagi lagi menjadi 2, yaitu Reporter Event, Riset dan Investigasi. Perbedaannya adalah Reporter Event bertugas untuk meliput acara-acara di dalam atau luar Kampus, Reporter Riset bertugas untuk melaksanakan survey sesuai dengan kaidah jurnalistik, Sedangkan Reporter Investigasi bertugas melakukan peliputan untuk mencari, menemukan, dan menyampaikan fakta-fakta adanya pelanggaran, kesalahan, penyimpangan, atau kejahatan yang merugikan kepentingan umum.

Sama halnya dengan Bidang Redaksi, Bidang Pengembangan Organisasipun dipimpin oleh Pemimpin Pengembang Organisasi dan membawahi 3 divisi, yaitu, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Hubungan Masyarakat dan Kerjasama, dan Perkantoran. Pengembangan Sumber Daya Manusia atau sering disingkat PSDM bertugas untuk mengembangkan kualitas sehingga kualitas sumber daya manusia meningkat. Hubungan Masyarakat dan Kerjasama mengelola dan mengatur kerjasama dengan pihak eksternal, baik itu berupa media partner, sponsor, iklan, distribusi produk Gemercik ataupun bentuk kerjasama lainnya. Lalu divisi Perkantoran bertugas untuk mengatur dan mengelola dokumen-dokumen penting dan administrasi untuk membantu Sekretaris dan Bendahara Umum.


Ikuti Kami