Hima Kesmas Adakan Webinar Mengenai Pencegahan Bencana

Gemercik News-Universitas Siliwangi (11/11). Untuk pertama kalinya Hima Kesmas Unsil mengadakan Webinar About Disaster (WATER) dengan tema “Mewujudkan Generasi Muda Indonesia Tanggap Bencana” pada Minggu, 01 November 2020.

Tema yang diangkat dalam webinar tersebut dimaksudkan agar generasi muda paham akan pentingnya mengantisipasi timbulnya bencana di masa yang akan datang, selain itu generasi muda juga sebagai agen perubahan yang harus memiliki peran aktif dalam hal kepedulian terhadap lingkungan. Tisa Safari Daryanto selaku ketua pelaksana  mengemukakan alasan diselenggarakannya webinar tersebut.

“Alasan kami mengadakan webinar/diskusi tersebut mengingat bahwasanya kebencanaan bukan hanya sekedar masalah kuratif saja melainkan soal preventif juga. Kebencanaan juga bukan hanya urusan pemerintah melainkan harus melibatkan masyarakat luas termasuk mahasiswa,” kata Tisa.

Kegiatan ini menghadirkan 2 pembicara  yakni Ir. Dani Noor Badriansyah, MT selaku kepala bidang pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jawa Barat dan Thea Rahmani selaku sekretaris dari Sekolah Relawan.

Materi yang disampaikan antara lain mengenai peran penting perguruan tinggi dalam penanggulangan bencana di Indonesia, yakni dengan menjelaskan apa itu bencana, bagaimana indeks risiko bencana, dan ilmu bencana lainnya.

Materi selanjutnya disampaikan mengenai bagaimana jika ingin berkontribusi dalam kerelawanan, apa saja prinsip yang harus disiapkan jika ingin menjadi relawan, bagaimana jika ingin memulai berkecimpung di dunia kerelawanan, dan masih banyak lagi.

Webinar dengan tema seperti ini pertama kali dilakukan karena pada awalnya Hima Kesmas membuat konsep acara ini sebagai sebuah workshop yang disertai dengan simulasi. Namun, karena pandemi tidak memungkinkan untuk melakukannya, sehingga mereka memutuskan untuk membuatnya menjadi bentuk yang lebih suitable di masa pandemi yaitu webinar.

Kegiatan ini diharapkan memiliki output agar generasi muda bisa tanggap bencana, dapat menjadi contoh bagi lingkup kecil dan masyarakat luas. Webinar ini juga bertujuan untuk mewujudkan generasi yang tanggap bencana, ini sangat penting karena negara Indonesia adalah negara yang rawan akan segala bentuk bencana.

Dibekalinya ilmu pengetahuan mengenai kebencanaan, bermanfaat agar generasi muda juga mampu untuk selalu siap siaga dalam menghadapi bencana dan meningkatkan kerelawanan di Indonesia.

“Mengingat kebencanaan ini bukan hanya masalah kuratif saja melainkan masalah preventif juga atau masalah pencegahan sehingga edukasi ke masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap terjadinya sebuah kebencanaan harus ditanamkan sejak dini,” tutur Tisa.

“Selain itu juga mari kita tingkatkan rasa kemanusiaan kita, tingkatkan rasa sosialisasi kita, agar dapat menggerakkan potensi diri kita untuk membantu dan melayani orang lain secara sukarela terutama dalam hal kebencanaan.” tutupnya.

Reporter: Winda Grizela

Penulis: Winda Grizela

Penyunting: Jihan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed