Pendaftaran Ketua BEM Dan BLM 2021 Dibuka

Gemercik News-Universitas Siliwangi (19/11). Pendaftaran bakal calon Ketua BEM dan Ketua BLM Unsil tahun 2021 telah dibuka pada tanggal 19 November – 27 November 2020. Formulir pendaftaran bakal calon ketua BEM dan BLM tersedia secara offline.

“Kalau persyaratan seperti formulir atau yang lain itu kita harus offline. Jadi untuk bakal calon ketua BEM mengambil formulirnya di sekretariat BLM Unsil, kalau bakal calon Ketua BLM Unsil dapat mengambil formulirnya di sekretariat BLM fakultas masing-masing,” tutur Andreas Parulian Tua selaku Ketua Pelaksana MAM 2020.

Mengenai persyaratan bakal calon ketua BEM dan BLM hampir sama seperti tahun lalu yaitu melampirkan surat masih aktif kuliah, melampirkan sertifikat lulus Ombus (Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi) dan PBN, melampirkan sertifikat lulus Mabim (Masa Bimbingan) di fakultas. Kemudian ada syarat khusus bakal calon Ketua BEM Unsil untuk melampirkan pernyataan tidak sedang menjabat di organisasi lain.

Selanjutnya pendaftaran calon ketua BEM tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Di tahun 2019 hanya ada satu calon ketua BEM yang mendaftar, namun untuk tahun ini akan ada lebih dari satu calon yang mendaftar.

“Kalau dari kita sendiri sih sebenarnya BLM Unsil udah mendengar kabar dari fakultas-fakultas bahwasannya sekiranya minimal ada 2 calon yang bakal maju di tahun ini,” ujar Andreas.

Adapun untuk pelaksanaan MAM (Musyawarah Akbar Mahasiswa), dilaksanakan pada tanggal 7 Desember sampai 14 Desember 2020. Kegiatan MAM tahun 2020 diharapkan dilaksanakan di kampus Universitas Siliwangi seperti tahun sebelumnya.

“Ingin mengadakan MAM ini offline, dengan pertimbangan kita menerapkan protokol kesehatan dan juga memaksimalkan peserta maupun panitia yang ada,” jelas Andreas.

Pelaksanaan MAM secara offline, sebenarnya belum ada kepastian karena harus menunggu persetujuan dari pihak lembaga. Dari hasil audiensi yang dilakukan oleh ketua BEM dan ketua BLM bersama warek, yaitu diminta untuk membuat rincian kegiatan MAM dari awal acara sampai akhir. Setelah membuat rincian kegiatan MAM, kemudian akan diajukan ke warek dan ke Kepala BAKPK, untuk dimintai pertimbangan terkait pelaksanaan MAM secara offline.

Susunan acara untuk MAM tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu:

  1. Oprec panitia, komite musyawarah yang dilaksanakan pada 13 November 2020
  2. Oprec bakal calon ketua BEM Unsil dan BLM Unsil tahun 2021
  3. Verifikasi berkas bakal calon ketua BEM Unsil 2021 pada hari Sabtu 28 November 2020
  4. Sosialisasi calon ketua BEM Unsil pada tanggal 30 November 2020. Jika calonnya satu atau aklamasi, dalam sosialisasinya akan ada uji kandidat sendiri. Kemudian jika calonnya lebih dari satu, pada tanggal 1 Desember 2020 akan ada debat calon ketua BEM Unsil.
  5. Pelaksanaan MAM pada tanggal 7 sampai 14 Desember 2020

Di akhir wawancara Andreas berharap, pelaksanaan MAM tahun 2020 dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan. Kemudian kegiatan MAM ini dapat dilaksanakan secara offline di lingkungan kampus Universitas Siliwangi.

“Ketua BEM Unsil yang terpilih 2021 nanti dapat mengemban tugas, amanah serta tanggung jawabnya dengan bijak dan dengan kebijaksanaan yang dia punya begitu pun dengan BLM Unsil 2021. Kedua instansi ini semoga dapat membawa perubahan yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dan dapat membawa nama mahasiswa lebih besar lagi di lingkungan Tasikmalaya, Jawa barat maupun skala Indonesia.” Tambahnya.

Reporter: Anggiani & Syahda

Penulis: Anggiani

Penyunting: Jihan F

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed